KITAB BABUL IHSAN

KITAB BABUL IHSAN

#di dalam laku tassawuf amalan ada tahap tingkatan nya

Penggolongan tingkat-tingkat amal seseorang, yaitu tingkat pertama sampai ke empat. Secara tauhid, kita kupas seperti ini.

1.muftadi, orang yang beramal dengan i`tikadlillahi ta'ala [karena atau kepada Allah]. Orang ini masih berkutat dalam masalah kelengkapan syarat dan rukun untuk menghadapi Allah. Masih bersifat dari dirinya kepada Allah.

2.mubtadi, orang yang beramal dengan i`tikadminallahi ta`ala [dari Allah]. Orang ini memandang dari Allah-lah sehingga dirinya bisaberamal ibadah.Masih bersifat dari Allah kepada dirinya.

3.mutawasit, orang yang beramal dengan i`tikad billahi ta`ala [dengan Allah]. Orang ini memandang dengan Allah-lah sehingga dirinya bisa beramal ibadah. Masih besertaan dirinya dengan Allah.

4.muntahi, orang yang beramal dengan i`tikadlillahi ta`ala, minallahi ta`ala,dan billahi ta`ala sekaligus. Dipandangnya semua sehingga tidak dipandangnya dirinya ada, yang ada sudah Perbuatan, Kelakuan, Asma, dan Zat Allah semata.Tiada merasa ada diri lagi, sudah semuanya Allah semata.

(Semoga bermanfaat)
Salam Dakwah Subuh...


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top